Selasa, 12 Maret 2024

Pemkot Lubuklinggau Gelar Seminar Internal Birokrasi



https://Linggauaktual.com LUBUKLINGGAU-Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa menghadiri acara seminar internal birokrasi dengan topik "Good Govermance Lembaga Peradilan dan Kepercayaan Publik" bersama Prof Amzulian Rifal, Ketua Komisi Yudisial, di Auditorium Bukit Sulap Lt.5 Kantor Wali Kota Lubuklinggau, Selasa (6/1/2024).


Dalam sambutannya, H Trisko Defriyansa menyampaikan bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Lubuklinggau pada 2023 sebesar 78,36 dan pada 2022 77,71 atau meningkat 0,5. 


Tak lupa, Pj Wako mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Prof. Amzulian Rifai yang telah membantu Pemkot melalui komunikasi yang baik dengan Menteri Lingkungan Hidup, melalui Dirjen Lingkungan hidup sehingga Pemkot Lubuklinggau mendapatkan bantuan lima unit motor sampah dan dua unit truck sampah. 


Masih kata dia, berdasarkan laporan dari Konsultasi Daerah Lingkungan Hidup (KDLH) total sampah di Kota Lubuklinggau 0,7 kg dikali jumlah penduduk, lebih kurang  170 ton per hari, sementara yang bisa terangkut hanya 90 ton perhari.


Dengan adanya penambahan dua unit armada truk dan lima unit motor, diharapkan daya angkut sampah  bisa naik 40 ton, itu artinya masih dibutuhkan armada untuk menutupi lebih kurang 50 ton sampah yang belum terangkut. 


Prof Amzulian Rifai selaku Ketua Komisi Yudisial dalam paparannya mengatakan birokrasi yang benar adalah semua orang sama tidak memandang jabatan atau apapun itu karena untuk mensejahterakan masyarakat, maka birokrasi harus dikelola secara transparan baik internal maupun eskternal.


Dia juga menjelaskan ada empat faktor yang sulit untuk memenuhi kesejahteran, yakni stabilitas politik yang dipengaruhi bagaimana investasi baik dalam maupun luar neegeri, aktivitas ekonomi,  dan tata kelola pemerintahan.


Amzulian Rifal juga menginformasikan bahwa dalam hidupnya memegang dua karakter. Pertama harus rajin, terampil, bergembira dan yang kedua harus disiplin, berani dan setia. -(20) adv

0 komentar:

Posting Komentar