Jumat, 29 September 2023

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Di Desa Setiamarga Sp 4 , Kecamatan Karang Dapo Kabupaten Musirawas Utara (Muratara) Berjalan Dengan Hikmad




http://Linggauaktual.com MURATARA- Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Desa Setiamarga Sp 4 , Kecamatan Karang Dapo Kabupaten Musirawas Utara (Muratara), berjalan dengan hikmad. Acara ini diikuti oleh para jamaah pengurus masjid Nurul Muttaqin dan masyarakat sekitar. 


Bertempat di masjid Nurul Muttaqin Dusun 3 Blok C dengan tema peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini adalah "Meneladani Akhlak Rasulullah SAW, meningkatkan ukhuwah Islami dalam masyarakayat serta, membangun karakter generasi muda yang religius" 12 Rabiul Awal 1445 H / 28 September 2023 M, Kamis (28/9/30023). 


Dalam acara tersebut panitia mengundang penceramah kondang yang sering dilihat di media sosial youtube yang juga merupakan Pimpinan Pondok Pesantren Modern Ar-Risalah, Kota Lubuk Linggau, Ustadz K.H. Moch. Atiq Fahmi, Lc, M.Ag.,

selaku pembawa hikmah maulid menyampaikan Esensi dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW  sesungguhnya adalah untuk meneladani setiap pikiran, ucapan dan tindakan Rasulullah.  


Supriyono Ketua Dewan Kesejahteraan Masjid (DKM) Masjid Nurul Muttaqin, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada seluruh panitia yang telah bergotong royong bersama - sama mempersiapkan acara ini. 


"Alhmdulilah atas kesempatan serta kehadiran Ustadz K.H. Moch. Atiq Fahmi, Lc, M.Ag., ke Desa Setia marga, untuk  jamaah silahkan disimak tausiyah yang akan disampaikan oleh Ustad Fahmi anggap saja kita sekarang ini sebagai santri, semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan,"ujarnya. 


Momen Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan momentum bagi kita untuk meningkatkan kesadaran bahwa di mana pun kita berada seharusnya kita semua membangun kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW.  


Sementara itu Kepala Desa Setiamarga Bambang Hadiyanto saat menyampaikan sambutan, dirinya berharap dengan adanya acara ini jamaah yang hadir dapat mengambil hikmah dan manfaatnya agar bisa meningkatkan keteguhan akhlak, untuk membangun karakter generasi muda yang religius terhindar dari pengaruh Narkoba dan terhadap kecanggihan Teknologi. 


"Mari kita bersama - sama mengawasi dan meningkatkan akhlak generasi muda karna di Desa Setiamarga ini sangat rentan terhadap persoalan Narkoba dan kecanggihan Teknolgi oleh karna itu peran pengawasan dari orang tua sangat penting, dan sebagai bentuk komintmen dari pemerintah alhmdulilah kita di desa setiamarga telah dibangun kembali mesjid agung untuk meningkatkan dalam sisi keagamaan,"ungkap kades. 


Dirinya berpesan kepada masyarakat untuk tetap sabar menghadapi musim kemarau yang sedang terjadi, pemerintah desa maupun daerah telah berupaya semaksimal mungkin memberikan batuan ketersediaan air dengan cara mengaliri melalui PAM, untuk yang belum teraliri PAM pihaknya memberikan air bersih melalui tengki secara bergiliran. 


"Sabar untuk masalah air silahkan yang sudah dialiri melalui PAM berbagi dengan yang lain karna air PAM sudah hidup seminggu tiga kali dan gratis untuk masyarakat yang makai sanyo dengan sengaja mengabil air melalui pipa PAM maka pihak pemerintah desa dan petugas PAM telah sepakat nanti jika kedapatan akan kami putuskan PAM nya,"ujar kades. 


Selanjutnya acara diisi tausiyah oleh Ustadz K.H. Moch. Atiq Fahmi, Lc, M.Ag.,. Dalam hikmah maulid yang disampaikan, ia mengatakan mencontohkan Rasulullah adalah kunci kebahagiaan hidup dunia dan akhirat. 


"Kita patut meneladani buah pikiran yang cerdas dan jernih, ucapan yang santun dan lembut, serta tindakan yang arif dan bijaksana itulah perilaku yang diwarnai oleh AL Quranul Karim,” terangnya. 


Seluruh jamaah tampak terhibur namun dengan khusuk menyimak seluruh tausiyah yang disampaikan. Ada beberapa hal yang dapat dipetik dan menjadi catatan bagi jamaah dalam upaya meneladani akhlak Rasulullah, yakni hormati kedua orang tua dan bapak ibu guru yang telah memberikan ilmu yang bermanfaat dalam kehidupan di dunia maupun diakhirat. 


Pada kesempatan yang sama Ustadz K.H. Moch. Atiq Fahmi, Lc, M.Ag., saat di bincangi wartawan mengatakan Setiamarga acara maulidnya mantab, seluruh panitia, Kadus,

Kades dan Masyarakat kompak. 


"Alhmadulilah setiamarga maulidnya mantan panitianya, kadusnya, kadesnya dan masyarakatnya kerjasama yang baik sehingga kekompakan terjadi, tinggal bagaimana seterusnya sesuai yang di sampaikan kepala desa tadi semoga alquran menjadi cahaya didaerah ini sehingga bisa menjadi caunter terhadap narkoba, setiamarga Mantab, Sp 4 Mantab,"ungkap Ustadz K.H. Moch. Atiq Fahmi, Lc, M.Ag., 


"ibu-ibu kalau anaknya mau bebas dari narkoba bebas dari akhlak yang buruk mau tidak mau kenalkan mereka kepada baginda Nabi Muhammad SAW, nah untuk mengenalkan ini kita tidak bisa sendiri terkadang meminta tolong guru , guru yang mendidik anak kita ini jangan dimusuhi jangan di ancam-ancam kalau pun ada permasalahan yang mungkin perlu kita binain dengan guru jangan main kasar namanya guru ada makna manusia tentu ada salahnya. maka jangan sampai ada guru yang mendidik anak kita jatuh keranah hukum,"tambahnya 

Dalam pelaksanaannya, kegiatan maulid ini juga  menampilkan Hadroh dan Qoriah dari santri Pondok Pesantren Mazro'illah Kota Lubuk Linggau, yang mana untuk qoriah merupakan santriwati bernama Uswatun azzahra Kelas 11 Aliyah merupakan putri sulung dari Ari Yanto, kepala dusun (Kadus) 3, Desa Setia Marga Blok C. (**)

0 komentar:

Posting Komentar