Rabu, 16 Agustus 2023

SDN 2 Suka Menang Meriahkan HUT Pramuka ke-62 dengan Semaphore




http://Linggauaktual.com Muratara– Dalam rangka menyambut peringatan hari Pramuka ke – 62 tahun 2023 Para pendidik dikecamatan Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas Utara mengadakan berbagai macam kegiatan kreativitas , penuh antusias dan semangat peserta didik berlatih tari Semaphore dari SDN 2 Suka Menang,dilapangan bola kecamatan Karang Jaya, Senin, 14 Agustus 2023


Camat Karang Jaya Zuliyan Putra, berharap kegiataan tersebut dilakukan dengan baik anak anak tetap riang gembira serta memperhatikan kesehatan mereka.


Semaphore merupakan metode dalam penandaan atau kode yang biasanya berbentuk lampu atau bendera, di mana setiap gerakan dan formasi melambangkan kode atau isyarat maupun angka disebut dengan semaphore. Selain itu, Semaphore juga disebut sebagai bendera dengan fungsi untuk memberi sinyal suatu pesan secara virtual melalui gerakan dua tangan. Alat-alat yang digunakan untuk memberi tanda atau sinyal ini cukup bervariasi, mulai dari bendera, batang pohon hingga tangan kosong. Metode ini dilakukan untuk mengulurkan kedua tangan sesuai informasi yang telah diberi sebelumnya.


Secara historis semaphore diciptakan oleh seorang insinyur sekaligus pendeta asal Prancis bernama Claude Chappe di tahun 1970. Dengan tujuan untuk kepentingan komunikasi militer, agar para militer mampu berkomunikasi dari jarak jauh. Pada saat itu semaphore tak menggunakan bendera seperti saat ini, tetapi kayu berukuran besar yang bentuknya menyerupai lengan.


Perayaan Hari Pramuka Nasional diperingati setiap tanggal 14 Agustus. Sebagaimana surat keputusan (SK) Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 062 Tahun 2022 Pada surat keputusan tersebut Komjen Pol (Pum) Drs. Budi Waseso ketua Kwartir Nasioanl Gerakan Pramuka bahwa peringatan Hari Pramuka Tingkat Nasional tahun ini mengangkat tema “Mengabdi Tanpa Batas Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa.” Secara komperehensif peringatan Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023 diharapkan dapat membangun citra positif Gerakan Pramuka dengan mewujudkan kapasitas informatika, integritas dan kompetensi komunikasi publik di era digital.


Dari kegiatan ini diharapkan peserta didik dapat kembali menumbuh kembangan kecintaan terhadap kegiatan kegiatan pramuka .


Disamping itu juga dapat diraih nilai-nilai kedisiplinan, tanggungjawab, sinergi dan kolaborasi antar peserta didik terlebih lagi dengan kehadiran kurikulum merdeka dapat menambah kesempatan bagi peserta didik untuk berkreasi menjalin komunikasi publik mengembangkan bakat dan minat peserta didik dalam bidang kepanduan unutk mencetak pribadi yang berkarakter sebagaimana Profil Pelajar Pancasila. Senatiasa beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha esa, Berkebenikaan Global, Berjiwa gotong royong, memiliki daya kreatif, bernalar kritis, dan memiliki kemandirian. Jayalah Pramuka jayalah Indonesia.




Call.

0 komentar:

Posting Komentar